Pengobatan Kanker Colon

Kanker ini berkaitan dengan kolon (usus besar) dan rektum (dubur/anus). Kanker usus besar berhubungan dengan pola makan modern yang tidak sehat. Kanker usus besar cenderung menyebar secara lamban sehingga jika ditanggulangi secara dini dapat mencegah akibat yang lebih buruk.

Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi ada korelasi dengan makanan yang mengandung kadar lemak hewan tinggi, kadar serat yang rendah, serta daya interaksi antara bakteri di dalam kolon dengan asam empedu dan makanan.

Kanker kolon atau yang lebih dikenal sebagai kanker usus yang telah memasuki stadium lanjut dapat diobati dengan berbagai jenis pengobatan medis yang umumnya dilakukan untuk semua jenis kanker. Umumnya kemoterapi dan terapi dilakukan pada penderita kanker stadium 2.

1. Kemoterapi

Tubuh manusia terdiri dari jutaan sel. Sel dalam tubuh kemudian membelah diri dan berkembang sesuai yang dibutuhkan tubuh. Apabila sel terus tumbuh dan berkembang lebih dari yang dibutuhkan maka akan terbentuk sel tidak normal dan meningkatkan pertumbuhan massa yang disebut tumor.

Obat-obatan yang digunakan dalam kemoterapi berfungsi sebagai penghenti sel yang berkembang dengan cepat. Selama masa kemoterapi akan berefek pada sel rambut yang akan mengakibatkan kerontokan rambut. Namun kerontokan akan hilang ketika kemoterapi selesai. Dokter menyarankan untuk melakukan kemoterapi pada penderita kanker usus stadium 2 guna mencegah dan memperkecil risiko dari perkembangan kanker berlanjut.

2. Terapi radiasi

Terapi radiasi dilakukan dengan memanfaatkan energi sinar tertentu untuk memperkecil ukuran tumor atau menghilangkan sel kanker. Terapi radiasi bekerja dengan cara merusak DNA sel kanker, namun terapi radiasi ini akan merusak sel kanker yang sehat. Hal ini terjadi karena sel kanker yang sehat memiliki tingkat sensitifitas yang cukup tinggi terhadap terapi radiasi atau penyinaran dan sel kanker yang rusak akan mengalami kematian saat dilakukan terapi. Terapi radiasi atau penyinaran memiliki 2 jenis, yakni radiasi eksternal dan radiasi internal disebut juga dengan brakhiterapi. Namun, kanker usus umumnya menggunakan terapi radiasi eksternal dibanding dengan terapi radiasi internal.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Colon and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *